Selasa, 20 November 2012

KATAKAN TIDAK UNTUK NARKOBA


KATAKAN TIDAK UNTUK NARKOBA

Orang mengatakan bahwa masa remaja merupakan masa transisi. Saat itu, remaja sedang mencari jatih dirinya. Ia ingin dianggap sebagai orang yang mandiri, bisa mengatur hidupnya, dan bisa melakukan apa yang dilakukan oleh orang dewasa. Pada saat itu pula, remaja sedang berada pada masa rentan terhadap pengaruh negative dari pergaulan masa kini.

                Narkoba adalah contoh buruk dari pergaulan masa kini. Banyak remaja yang terjerumus karena umumnya salah memilih pergaulan, terutama mereka yang bermental lemah. Setipa tahun banyak remaja tewas akibat penyalahgunaan narkoba. Penggunaannya lebih dari tiga juta orang di Indonesia. Dari tahun ke tahun, jumlah ini meningkat dan semakin mengkhawatirkan.
                Apa yang terpenting adalah bagaimana menyikapi narkoba dalam kehidupan yang semakin terbuka dan bebas ini. Kekuatan mental, peranan orang tua, dan pengetahuan yang cukup tentang narkoba adalah kunci utama untuk menghindari dari barang haram tersebut.
                Dunia memang sudah berubah. Remaja harus bisa menyelamatkan dirinya agar tidak hidup mengikuti arus negative. Remaja akan memimpin bangsa ini kelak. Lalu, apa jadinya kalau bangsa  ini pada akhirnya memiliki remaja-remaja yang sudah dirusak oleh narkoba?
                Kita harus menyatakan perang terhadap penyalahgunaan narkoba dimanan pun, kapan pun, dan oleh siapa pun. Kita juga harus bersikap bijak terhadap korban narkoba dengan memberi mereka kesempatan untuk sembuh. Akhirnya, mereka bisa berkiprah lagi menjadi manusia normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar