Rabu, 19 September 2012

laporan prakering SEKDA bab 1


BAB 1
PENDAHULUAN 
          Dalam rangka pelaksanaan sekolah menengah kejuruan (SMK) dilaksanakan perpanduan antara teori dengan praktek di lapangan, yaitu praktek kerja industry (PRAKERIN) sebagai salah satu rangkaian yang di dalamnya merupakan penjabaran oleh Direktur Menengah Kejuruan maka SMK Negeri 1 Pinrang telah mengadakan kerja sama dengan instansi sebagai pasangan dalam pelaksanaan kegiatan ini .


1.            LATAR BELAKANG PRAKTEK KERJA INDUSTRI
          Prakerin yang biasa disebut PSG (Pendidikan Sistem Ganda) memiliki arti yaitu melakukan pendidikan secara Ganda di mana memadukan program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja, yang terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional tertentu.
          Adapun pelaksanaan prakerin di dasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam :
1.            Direktur Jenderal pendidikan dasar dan menengah No.511/C.C4/MM/1999 tentang pelaksanaan kurikulum surat edaran SMK edisi 1999 (hasil penyempurnaan) yang antara lain mengatakan :
“ paket keahlian produktif di laksanakan di industri atau sebagian di sekolah dan waktu pendidikan sistim ganda minimal 4 bulan kerja, mengikuti minggu dan jam kerja industri”
2.            Kurikulum tahun 2001, bahwa setiap siswa wajib melaksanakan Praktek Kerja Industri ,karena Prakerin termasuk salah satu kelompok mata pelajaran. Oleh karena itu SMK Negeri 1 Pinrang melaksanakan program PRAKERIN ini di berbagai dunia usaha baik pada perusahaan jasa maupun industry baik di dalam maupun di luar daerah.
2.      TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Zaman sekarang ini modal pembangun sebuah bangsa menjadi bangsa yang tidak terbelakang  adalah IPTEK (Ilmu Pengetahuan & Teknologi).
Tanpa IPTEK sebuah bangsa tidak akan  maju (akan tertinggal), apalgi banngsa kita pernah dijajah oleh beberapa Negara selama kurang lebih 350 tahun 3.5 abad. Oleh karena itu pemerintah kita selalu meencari berbagai cara untuk bangkkit dari ketinggalan selama ini dan salah satunya dengan perkembangan IPTEK yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh Negara lain yang merupakan hasil cipta anak bangsa. IPTEK tidak hanya didapatkan di sekolah tetapi juga diluar sekolah, misalnya dari media-media visual maupun audiovisual contohnya TV,buku-buku,majalah,dll.
Bagi siswi-siswi SMK salah satu tujuan diadakannya PRAKERIN ini adalah untuk mengembangkan ilmu yang telah didapatkan di sekolah dan bias mengetahui secara langsung bagaimana situasi di lapangan kerja. Oleh karena itu, pihak-pihak sekolah berupanya mencari tempat-tempat praktek yang dapat membantu seluruh siswa mengembangkan pengetahuannya. Keggiatan ini dilakukan guna mendukung pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dalam rangka link and match dimana Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bekerja sama dengan dunia usaha untuk meningkat kualitas lulusan SMK sebagai Sumber Daya Manusia yang handal dan professional.
SMK Negeri 1 Pinrang adalah sekolah yang mengajarkan bisnis dan manajemen, selalu berusaha meningkatkan kualitas, kualitas dan keprofesionalan siswi-siswinya dimana visinya adalah:
“Menjadi Lembaga pendidikan kejuruan yang unggul dan kompetitif dibidang bisnis, pariwisata dan teknololgi”
      Oleh karena itu, pihak-pihak SMK Negeri 1 Pinrang ini memberi kesempatan kepada anak didik mereka untuk mengembangkan kemanpuannya dengan pelaksanaan PRAKERIN ini, Salah satu contohnya penulis yang telah mengadakan praktek di perusahaan besar, kantor Walikota.
Ada pun tujuan diadakannya PRAKERIN ini adalah sebagai berikut  :
Tujuan Umum :
1.     Memberi kesempatan kepada siswi-siswi agar mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja, khususnya yang sesuai dengan bidang kejuruan yang ditekuni.
2.     Menghasilkan calon tenaga yang siap kerja sesuai keahlian yang handal & professional, yaitu tenaga kerja yang memeliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
3.     Memperkokoh Link and Matc antara sekolah dengan dunia kerja.
4.     Memberi pengakuan dan penghargaan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan

Tujuan Khusus :
1.     Untuk mencari keselarasan ilmu yang telah didapatkan di sekolah dengan kenyataan di lapangan
2.     Menerapkan ilmu-ilmu yang didapat di sekolah
3.     Menambah/memperluas wawasan akan bidangnya masing-masing
4.     Membandingkan teori-teori yang diperoleh di bangku sekolah dengan kenyataan langsung dilapangan
5.     Memperoleh pengalaman kerja
6.     Sebagai salah satu syarat kelulusan untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tingggi.

3.        TUJUAN PENYUSUNAN LAPORAN

         Tujuan penyusunan laporan ini adalah memberikan gambaran singkattentang hasil pengamatan  dan penelitian serta hasil keseluruhan kegiatan PRAKERIN selama 3 (tiga) bulan, disamping memang telah disyaratkan oleh dunia usaha tempat praktek untuk memperoleh sertifikat praktek kerja industri (PRAKERIN), maka secara umum tujuan penyusunan laporan ini dapat d uraikan sebagai berikut :
1.                 Melatih dan Mendidik siswa menyusun laporan
2.                 Mampu mengemukakan dan menguraikan kegitan PRAKERIN dalam bentuk laporan
3.                 Mampu menarik kesimpulan dari keseluruhan rangkaian krgiatan PRAKERIN selama 3 bulan di sebuah instansi / dunia usaha.
4.                 Mengembangkan kreatifitas siswa dalam menyusun laporan kegiatan.

4.           SASARAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
Sasaran yang ingin di capai siswa dalam melaksanakn Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di instansi/dunia usaha adalah untuk menghasilkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang handal, professional dan kreatif dalam bidang keahlian yang digeluti sebagaimana yang tercantum dalam profil kemampuan jurusan masing-masing dengan persetujuan pengakuan dunia usaha/industri melalui uji propesi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar